Senin, 16 September 2013

RENCANA PROGRAM DAN PEMBELAJARAN SEMESTER GANJIL 2013/2014 MATA KULIAH EPIDEMIOLOGI LINGKUNGAN A


RANCANGAN PEMBELAJARAN

Nama Mata Kuliah          : Epidemiologi  Lingkungan (A)                                            sks       : 2
Program Studi                 :D-III Kesehatan                                                                                 
Jurusan                             :Kesehatan Lingkungan

KOMPETENSI MATA KULIAH : Menguasai dasar-dasar epidemiologi lingkungan

Matriks Pembelajaran :

Minggu
Kemampuan akhir yang diharapkan
Materi/Pokok Bahasan
Strategi Pembelajaran
Latihan yang dilakukan
Kriteria Penilaian (Indikator)
1
2
3
4
5
6
3
Menjelaskan ruang lingkup epidemiologi.


SOFT SKILLS
Komunikasi
1.    Pengertian epidemiologi
2.    Tujuan epidemiologi
3.    Epidemiologi penyakit menular
4.    Epidemiologi penyakit tidak menular
5.    Epidemiologi lingkungan dan kesehatan kerja
6.    Epidemiologi perilaku
7.    Epidemiologi pelayanan kesehatan

-     mencari,mengumpulkan, dan menyusun informasi yang ada untuk mendeskripsikan suatu pengetahuan melalui penelusuran bahan pustaka, diskusi kelompok,
-    Membuat rangkuman hasil penelusuran (lihat Lembar Kerja 3).
-    Mengajarkan pada anggota kelompok lain
-        Menyajikan di depan kelas
-       Ketepatan rangkuman
-       Daya Tarik Komunikasi





7-8

Mampu menjelaskan dan melakukan pengukuran angka kesakitan dan kematian secara epidemiologis

1.    Rumus angka kesakitan dan kematian
2.    Pengertiandan cara menhitung  Proporsi,
3.    Pengertian  dan cara menghitung  prevalensi
4.    Pengertian dan cara menghitung insidens,  
5.    Pengertian ukuran angka angka kematian dan  cara menghitungnya

-     mencari,mengumpulkan, dan menyusun informasi yang ada untuk mendeskripsikan suatu pengetahuan melalui penelusuran bahan pustaka, diskusi kelompok,

-        Menentukan rumus epidemiologi
-          Praktek menghitung angka kesakitan dan kematian
-    Membuat rangkuman hasil penelusuran (lihat Lembar Kerja 7).
-    Mengajarkan pada anggota kelompok lain
·   Menyajikan di depan kelas



-       Ketepatan cara menghitung dengan penggunaan rumus epidemiologi
-       Ketepatan meberikan penjelasan  cara penghitungan

FORMAT RANCANGAN TUGAS


Nama Mata Kuliah          : Epidemiologi            Lingkungan                                                                sks       : 2
Program Studi                 : D III Kesehatan Lingkungan                                                                        Pertemuan ke: 3         
Jurusan                             :Kesehatan Lingkungan                                                                                

A.TUJUAN TUGAS:
Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup epidemiologi
B. URAIAN TUGAS:
      a. Obyek Garapan      :
Pengertian dan penjelasan perbedaan antara ruang lingkup epidemiologi (epidemilogi penyakit menular, epidemiologi penyakit tidak menular, epidemilogi lingkungan, epidemiologi perilaku, dll)
                       
      b. Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara pengerjaan):
Menjawab persoalan apa yang dimaksud dengan epidemiologi dan ruang lingkupnya.
-          Setiap individu akan mendapatkan tugas dengan persoalan yang sama.
-          Mahasiswa dibagi dalam kelompok, tiap kelompok terdiri dari 4 – 5 orang mahasiswa.
-          Berkumpul pada kelompok dengan persoalan sama
-          Mengajarkan hasil pembahasan persoalan pada anggota kelompok lain hingga kelompok lain dapat memahaminya
-          Setiap kelompok membuat bahan presentasi
-          Menyajikan di depan kelas

      c. Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan:
Setiap kelompok membuat rangkuman akhir dari  objek garapan, minimal 2 lembar dan maksimal 3 lembar. Diketik dengan  komputer dengan font: Arial (12) dengan spasi 1.5. Kemudian dibagikan kepada setiap mahasiswa dan satu exp diserahkan kepada dosen pengampu

C.KRITERIA PENILAIAN
1.      Ketepatan penjelasan
2.      Daya Tarik Komunikasi



LEMBAR KERJA 3 : RANGKUMAN HASIL PENELUSURAN

Petunjuk Pelaksanaan

1.      Menelusuri kepustakaan yang berkaitan dengan pengertian dan ruang lingkup epidemiologi (epidemilogi penyakit menular, epidemiologi penyakit tidak menular, epidemilogi lingkungan, epidemiologi perilaku, dll).
2.      Membuat rangkuman dari kepustakaan tersebut dengan batasan sebagai berikut :
·         Pengertian epidemiologi
·         Ruang lingkup epidemiologi ((epidemilogi penyakit menular, epidemiologi penyakit tidak menular, epidemilogi lingkungan, epidemiologi perilaku, dll).
3.      Hasil rangkuman didiskusikan dengan teman satu kelompok yang terdiri dari 4-5 orang mahasiswa dengan topik yang sama
4.      Hasil diskusi kelompok dibuat untuk bahan presentasi dalam bentuk power point
5.      Setiap kelompok melakukan presentasi
6.      Rangkuman bisa dilengkapi dengan gambar-gambar atau skema untuk mempermudah pemahaman terhadap bahasan dimaksud.
7.      Rangkuman dari bahasan tersebut diatas ditulis dalam satu tulisan, maksimal 5 lembar. Diketik dengan  komputer dengan font: Arial (11) atau Calibri (12) atau Times New Roman (12), dengan spasi 1.5 yang harus diserahkan pada pertemuan sesuai dengan topik yang dibahas.



FORMAT RANCANGAN TUGAS


Nama Mata Kuliah          : Epidemiologi            Lingkungan A                                                                         sks      : 2
Program Studi                 : D III Kesehatan Lingkungan                                                                        Pertemuan ke: 7 -8     
Jurusan                             : Kesehatan Lingkungan                                                                               

A.TUJUAN TUGAS:
Menjelaskan  cara pengukuran angka kesakitan dan kematian secara epidemiologis
B. URAIAN TUGAS:
      a. Obyek Garapan      :
1)      Rumus angka kesakitan dan kematian
2)      Pengertian dan cara menghitung  angka kesakitan
3)      Pengertian dan cara menghitung  angka kematian
                       
      b. Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara pengerjaan):
Menjawab persoalan apa yang dimaksud dengan epidemiologi dan ruang lingkupnya.
-          Setiap individu akan mendapatkan tugas dengan persoalan yang sama.
-          Mahasiswa dibagi dalam kelompok, tiap kelompok terdiri dari 4 – 5 mahasiswa.
-          Berkumpul pada kelompok dengan persoalan sama, namun berbeda pada setiap pertemuan
o   Pertemuan ke 7 dengan topik ukuran  angka kesakitan
o   Pertemuan ke 8 dengan topik  ukuran angka kematian
-          Mengajarkan hasil pembahasan persoalan pada anggota kelompok lain hingga kelompok lain dapat memahaminya
-          Setiap kelompok membuat bahan presentasi
-          Menyajikan di depan kelas

      c. Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan:
Setiap kelompok membuat rangkuman akhir dari  objek garapan, maksimal 3 lembar. Diketik dengan  komputer dengan font: Arial (12) dengan spasi 1.5. Kemudian dibagikan kepada setiap mahasiswa dan satu exp diserahkan kepada dosen pengampu

C.KRITERIA PENILAIAN
1.   Ketepatan penjelasan
2.   Daya Tarik Komunikasi

LEMBAR KERJA 7 : RANGKUMAN HASIL PENELUSURAN

Petunjuk Pelaksanaan

1.      Menelusuri kepustakaan yang berkaitan dengan pengukuran angka kesakitan dan kematian secara epidemiologis
2.      Membuat rangkuman dari kepustakaan tersebut dengan batasan sebagai berikut :
a.      Rumus angka kesakitan dan kematian
b.      Pengertian dan cara menghitung  angka kesakitan
c.       Pengertian dan cara menghitung  angka kematian
3.      Hasil rangkuman didiskusikan dengan teman satu kelompok yang terdiri dari 4-5 orang mahasiswa dengan topik yang sama
4.      Hasil diskusi kelompok dibuat untuk bahan presentasi dalam bentuk power point
5.      Setiap kelompok melakukan presentasi
6.      Rangkuman bisa dilengkapi dengan gambar-gambar atau skema untuk mempermudah pemahaman terhadap bahasan dimaksud.
7.      Rangkuman dari bahasan tersebut diatas ditulis dalam satu tulisan, maksimal 5 lembar. Diketik dengan  komputer dengan font: Arial (11) atau Calibri (12) atau Times New Roman (12), dengan spasi 1.5 yang harus diserahkan pada pertemuan sesuai dengan topik yang dibahas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar