RANCANGAN PEMBELAJARAN
Nama Mata Kuliah :
Epidemiologi Lingkungan (A) sks : 2
Program Studi :D-III Kesehatan
Jurusan :Kesehatan Lingkungan
KOMPETENSI MATA KULIAH : Menguasai dasar-dasar epidemiologi lingkungan
Matriks Pembelajaran :
Minggu
|
Kemampuan akhir yang
diharapkan
|
Materi/Pokok Bahasan
|
Strategi Pembelajaran
|
Latihan yang dilakukan
|
Kriteria Penilaian (Indikator)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
3
|
Menjelaskan ruang lingkup epidemiologi.
SOFT SKILLS
Komunikasi
|
1.
Pengertian
epidemiologi
2.
Tujuan epidemiologi
3.
Epidemiologi
penyakit menular
4.
Epidemiologi
penyakit tidak menular
5.
Epidemiologi
lingkungan dan kesehatan kerja
6.
Epidemiologi
perilaku
7.
Epidemiologi
pelayanan kesehatan
|
- mencari,mengumpulkan, dan menyusun informasi
yang ada untuk mendeskripsikan suatu pengetahuan melalui penelusuran bahan pustaka, diskusi
kelompok,
|
- Membuat rangkuman hasil penelusuran
(lihat Lembar Kerja 3).
- Mengajarkan pada anggota kelompok lain
-
Menyajikan di depan kelas
|
- Ketepatan rangkuman
-
Daya Tarik Komunikasi
|
7-8
|
Mampu
menjelaskan dan melakukan pengukuran angka kesakitan dan kematian secara
epidemiologis
|
1.
Rumus angka
kesakitan dan kematian
2.
Pengertiandan
cara menhitung Proporsi,
3.
Pengertian dan cara menghitung prevalensi
4.
Pengertian
dan cara menghitung insidens,
5.
Pengertian
ukuran angka angka kematian dan cara
menghitungnya
|
- mencari,mengumpulkan, dan
menyusun informasi yang ada untuk mendeskripsikan suatu pengetahuan melalui penelusuran bahan pustaka, diskusi
kelompok,
|
-
Menentukan rumus epidemiologi
-
Praktek menghitung angka kesakitan dan kematian
- Membuat rangkuman hasil penelusuran
(lihat Lembar Kerja 7).
- Mengajarkan pada anggota kelompok lain
· Menyajikan di depan kelas
|
- Ketepatan cara menghitung dengan
penggunaan rumus epidemiologi
- Ketepatan meberikan penjelasan cara penghitungan
|
FORMAT RANCANGAN TUGAS
Nama Mata Kuliah :
Epidemiologi Lingkungan sks : 2
Program Studi : D III Kesehatan Lingkungan Pertemuan
ke: 3
Jurusan :Kesehatan Lingkungan
A.TUJUAN TUGAS:
Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup
epidemiologi
B. URAIAN TUGAS:
a. Obyek Garapan :
Pengertian dan penjelasan perbedaan antara ruang lingkup epidemiologi
(epidemilogi penyakit menular, epidemiologi penyakit tidak menular, epidemilogi
lingkungan, epidemiologi perilaku, dll)
b. Metode/Cara Pengerjaan
(acuan cara pengerjaan):
Menjawab persoalan apa yang dimaksud dengan epidemiologi dan ruang lingkupnya.
-
Setiap individu akan mendapatkan tugas
dengan persoalan yang sama.
-
Mahasiswa dibagi dalam kelompok, tiap
kelompok terdiri dari 4 – 5 orang mahasiswa.
-
Berkumpul pada kelompok dengan persoalan
sama
-
Mengajarkan hasil pembahasan persoalan
pada anggota kelompok lain hingga kelompok lain dapat memahaminya
-
Setiap kelompok membuat bahan presentasi
-
Menyajikan di depan kelas
c. Deskripsi Luaran tugas
yang dihasilkan:
Setiap kelompok membuat rangkuman akhir dari objek garapan, minimal 2 lembar dan maksimal
3 lembar. Diketik dengan komputer dengan
font: Arial (12) dengan spasi 1.5. Kemudian dibagikan kepada setiap mahasiswa
dan satu exp diserahkan kepada dosen pengampu
C.KRITERIA PENILAIAN
1.
Ketepatan penjelasan
2.
Daya Tarik Komunikasi
LEMBAR KERJA 3 : RANGKUMAN HASIL PENELUSURAN
Petunjuk Pelaksanaan
1.
Menelusuri
kepustakaan yang berkaitan dengan pengertian dan ruang lingkup epidemiologi (epidemilogi penyakit menular, epidemiologi penyakit tidak menular,
epidemilogi lingkungan, epidemiologi perilaku, dll).
2.
Membuat rangkuman dari kepustakaan tersebut
dengan batasan sebagai berikut :
·
Pengertian epidemiologi
·
Ruang lingkup epidemiologi
((epidemilogi penyakit menular, epidemiologi penyakit
tidak menular, epidemilogi lingkungan, epidemiologi perilaku, dll).
3.
Hasil rangkuman
didiskusikan dengan teman satu kelompok yang terdiri dari 4-5 orang mahasiswa
dengan topik yang sama
4.
Hasil diskusi
kelompok dibuat untuk bahan presentasi dalam bentuk power point
5.
Setiap kelompok
melakukan presentasi
6.
Rangkuman bisa dilengkapi dengan
gambar-gambar atau skema untuk mempermudah pemahaman terhadap bahasan dimaksud.
7.
Rangkuman dari bahasan tersebut diatas
ditulis dalam satu tulisan, maksimal 5 lembar. Diketik dengan komputer dengan font: Arial (11) atau Calibri
(12) atau Times New Roman (12), dengan spasi 1.5 yang harus diserahkan pada
pertemuan sesuai dengan topik yang dibahas.
FORMAT RANCANGAN TUGAS
Nama Mata Kuliah :
Epidemiologi Lingkungan A sks : 2
Program Studi : D III Kesehatan
Lingkungan Pertemuan
ke: 7 -8
Jurusan :
Kesehatan Lingkungan
A.TUJUAN TUGAS:
Menjelaskan cara pengukuran angka kesakitan dan kematian
secara epidemiologis
B. URAIAN TUGAS:
a. Obyek Garapan :
1) Rumus angka
kesakitan dan kematian
2) Pengertian dan
cara menghitung angka kesakitan
3) Pengertian
dan cara menghitung angka kematian
b. Metode/Cara Pengerjaan
(acuan cara pengerjaan):
Menjawab persoalan apa yang dimaksud dengan epidemiologi dan ruang lingkupnya.
-
Setiap individu akan mendapatkan tugas
dengan persoalan yang sama.
-
Mahasiswa dibagi dalam kelompok, tiap
kelompok terdiri dari 4 – 5 mahasiswa.
-
Berkumpul pada kelompok dengan persoalan
sama, namun berbeda pada setiap pertemuan
o Pertemuan ke 7 dengan topik ukuran
angka kesakitan
o Pertemuan ke 8 dengan topik ukuran
angka kematian
-
Mengajarkan hasil pembahasan persoalan
pada anggota kelompok lain hingga kelompok lain dapat memahaminya
-
Setiap kelompok membuat bahan presentasi
-
Menyajikan di depan kelas
c. Deskripsi Luaran tugas
yang dihasilkan:
Setiap kelompok membuat rangkuman akhir dari objek garapan, maksimal 3 lembar. Diketik
dengan komputer dengan font: Arial (12)
dengan spasi 1.5. Kemudian dibagikan kepada setiap mahasiswa dan satu exp
diserahkan kepada dosen pengampu
C.KRITERIA PENILAIAN
1.
Ketepatan penjelasan
2.
Daya Tarik Komunikasi
LEMBAR KERJA 7 : RANGKUMAN HASIL PENELUSURAN
Petunjuk Pelaksanaan
1.
Menelusuri
kepustakaan yang berkaitan dengan pengukuran
angka kesakitan dan kematian secara epidemiologis
2.
Membuat rangkuman dari kepustakaan tersebut
dengan batasan sebagai berikut :
a. Rumus angka
kesakitan dan kematian
b. Pengertian
dan cara menghitung angka kesakitan
c. Pengertian
dan cara menghitung angka kematian
3.
Hasil rangkuman
didiskusikan dengan teman satu kelompok yang terdiri dari 4-5 orang mahasiswa
dengan topik yang sama
4.
Hasil diskusi
kelompok dibuat untuk bahan presentasi dalam bentuk power point
5.
Setiap kelompok
melakukan presentasi
6.
Rangkuman bisa dilengkapi dengan
gambar-gambar atau skema untuk mempermudah pemahaman terhadap bahasan dimaksud.
7.
Rangkuman dari bahasan tersebut diatas
ditulis dalam satu tulisan, maksimal 5 lembar. Diketik dengan komputer dengan font: Arial (11) atau Calibri
(12) atau Times New Roman (12), dengan spasi 1.5 yang harus diserahkan pada
pertemuan sesuai dengan topik yang dibahas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar